Optimalisasi Baruga tahun ini akan juara group dan bukan runner up!

Seiring dengan berjalannya waktu, singgasanah kepemimpinan Muhammad Nuzur sebagai Ketua terpilih 2009-2010 malam ini 25 Maret 2010 genap berusia Tujuh bulan lebih dua puluh lima hari. Usian yang sepatutnya sudah 70% kinerja kepemimpinannya sudah bisa dinilai. Baik atau buruk. Makin baik atau sebaliknya semakin jauh dari yang Anggota harapkan. Semua bisa dinilai dari aplikasi janji-janji yang telah di tebarkannya untuk seluruh Anggota KKS. Bisa dinilai dari slogan jiwa raganya, apakah dia betul mengorbankannya demi Baruga.

Sekarang, mulai dari senior sampai junior -kalau ada istilah senior junior- Sudah bisa bercerita tentang Baruga. Soal keadaan dan kerapihannya. Tujuan dan fungsinya. Setiap orang yang berkunjung, pasti akan memiliki kesan sendiri. Pribadi setiap orang berbeda beda. begitu pula penilaiannya terhadap Baruga, pun, pasti bermacam-macam. Mungkin ada yang menilai sudah indah, bersih, cantik dengan dua foto tokoh Sulawesi (Jusuf Kalla dan Habibie) yang tertera di dindingnya. Ataupun mungkin ada sebaliknya. Menilai Baruga kotor, tidak terurus, berantakan, bau, tidak teratur, penghuninya cuek tidak perhatian dengan keilmuan, masih banyak hal yang perlu di benahi di dalamnya dan lain sebagainya. Yah, pasti setiap orang punya penilaian tersendiri.

Sekelumit tulisan singkat ini mungkin adalah pandangan subyektif dari penulis menilai bahwa Baruga di bawah nahkoda Ammu Nuzur (sapaan akrab ketua KKS) sudah bisa diacungkan jempol. Setidaknya, janji untuk merawat dan menjaga baruga sebagai prioritas kampanyenya telah terealisasi. Apalagi dapur dan ruang tamu, bagi orang yang sering ke Baruga pasti sudah bisa membandingkan antara baruga yang dulu dan sekarang. Namun sekali lagi, ini hanya penilaian sepihak. Kalaupun ada yang menilai berbeda, saya tunggu tulisannya di WAWASAN. Mungkin berupa kritik, saran atau janji yang terlupakan.

31 juli 2009 silam. Masih terekam jelas dalam ingatan. Tercatat di buku agenda Ssya, kemenangan 74 suara anggota KKS dari kandidat yang lain, menjadikan sebuah tanggung jawab kepemimpinan itu berada dipundak Ammu Nuzur. Perekrutan pengurus. Rihlah KKS. Jamuan buka puasa. Acara nuzulul quran. Dialog dengan Dosen UIN. Buka puasa dengan KMA. Acara Munaqasyah, aqiqah dan tasyakuran telah mewarnai hari hari selama delapan bulan. Semua kegiatan dilaksanakan di Baruga menjadikannya sebuah kenangan yang tak terbantahkan. Bahwa benar, Baruga kini telah dioptimalkan kembali.

Perhatian Ammu Nuzur makin menjadi jadi. Tak hanya memperhatikan Baruga tapi juga orang orang yang ada di dalamnya. Penghuni tetap dan anggota yang berkunjung akan melihat sendiri keramahannya. Betul betul berkhidmat demi umat. Hingga lahir istilah Ressu’mi (apakah sudah masak?) jika tiba waktu makan. Bahkan tak sungkan saya seakan bosan melihat ketua KKS tiap hari masak air, namun katanya, “Ini demi Anggota jugaji biar puas minum sekaligus penghematan pengeluaran! coba kalau air tiap hari dibeli, pasti akan manghabiskan dana yang luar biasa banyaknya kan….”.

Dua bulan setelah term I ternyata semarak kegiatan keilmuan memenuhi jadwal Baruga. Banyak kegiatan yang berjalan. Orientasi mahasiswa baru. Maulid Nabi Muhammad saw. Acara Tempe Goreng. English Camp. Pelatihan Mawarits. Diskusi ISC. Mat HIKMAT. Serta bimbingan mukarrar yang sebentarlagi akan di buka, semua bercentral di Baruga mebuktikan bahwa dalam bidang keilmuanpun, DP KKS 2009-2010 di bawa nahkoda Muhammad Nuzur bisa berjalan lancar dalam men-fungsikan Baruga. Namun sekali lagi, ini hanya penilaian sepihak.

Dipenghujuang tulisan ini, apresiasi salut buat ponggawa KKS. Walau demikian sekedar saling mengingatkan, tak ada yang sempurnah kecuali sang pencipta Allah swt. Mempertahankan citra baik itu lebih susah daripada menciptakanya. Banyak orang yang khusnul khatimah, namun tidak sedikit yang dipenghujung pemerintahannya kurang disenangi. Pertahankan! Karena Optimalisasi Baruga tahun ini akan juara group dan bukan runner up!

*Tulisan ini buat media WAWASAN KKS edisi 25 maret 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s