Dunia Maya

Aku kembali terkenang suasana puasa dua tahun silam. Puasa yang begitu sakral dan Suci . Pahala dilipat gandakan didalamnya. Bahkan, tidurpun menjadi pahala bagi orang yang berpuasa. Namun saat itu ada insident yang sangat menyedihkan. Antara teman-teman mahasiswa terjadi bentrok fisik. Banyak yang terluka dan bahkan salah satu teman saya harus menelan akibat buruk dari kejadian ini. Pelipis matanya mendapat perhatian khusus. Bulan ramadhan ternoda. Kesuciannya tak dianggap. Tak ada kemuliaan dimalam itu.

Usut tuntas kasus ini ditemukan, penyebab dari insiden ini ternyata dari sebuah kesalah fahaman yang bermula dari facebook. Aku sempat ikut memerhatikan bagaimana panas saling komentar dalam dunia maya itu. Namun tak sampai aku berfikir, akhirnya berujung adu fisik.

Mudharat karena dunia maya.

Dari cerita seorang senior, bersatunya dia dan mantan pacarnya alias istrinya sendiri berawal dari forum sebuah jejaring sosial. Mereka tidak saling kenal sebelumnya. Hanya kenal lewat tulisan dalam sebuah milis yang kemudian mengantarkannya menjadi akrab, saling tau satu sama lainnya. Menyatukan pendapat, bercerita tentang apa saja yang akhirnya berakhir di pelaminan. Yang laki-laki di kairo sedangkan yang perempuan adanya di Indonesia

Sebuah jarak yang sangat jauh tapi akhirnya bersatu jua. Tidak ada yang menghalangi ketika semuanya memang sudah ditakdirkan. Kalau memang jodoh, tidak perduli kenalnya darimana pasti akan bersatu juga.

Manfaat karena dunia maya.

Aku tidak pasti ingin menyamnpaikan apa dalam dua penggalan kisah diatas. Aku menuliskannya hanya untuk mengingatkan saja barangkali, tekhusus pada pribadi sendiri kalau ternyata jangan pernah menganggap dunia maya ini sepeleh. Pergunakan dengan sebaik-baiknya. Selain mudhaart yang banyak ternyata kita juga bisa mendapatkan begitu banyak manfaat didalamnya. Gunakan untuk hal hal yang bermanfaat dan bisa mengasah diri lebih baik dan bermafaat lebih luas. Seperti mungkin dengan terus menulis dan membaca tulisan yang berceceran di dunia maya ini.

Bisa menjalin silaturrahmi. Bisa banyak belajar dll.

6 thoughts on “Dunia Maya

  1. salam alaikum kanda..ini hadi di maroko. bgus2 tulisannya…I Like. smga kita bisa sukses amin ya rob. Slam dari maroko…smg sy bisa kaya ka2 bosa lanjut s2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s