Ceritanya doDoL (part1)

Pernah dengar istilah Jailun Nashri el Mansyudzi gak? Mmm kalau gak salah arti bahasakan, gini nih indonesianya. “Potret generasi yang di idamkan”. Kurang, lebih, plus, minus begitulah kira kira artinya. Nah ngomong di omong soal generasi nih, aku dan teman temanku sebagai Alumni Mapek angkatan 2005 adalah generasi yang memiliki warna dan ciri khas tersendiri deh. Bolehlah di idamankan. *kalau sekedar di idamkan*. Aku mau nyorot satu persatu beberapa diantara mereka. Bagus gak yah?? Hmm… Bagus bagusin aja deh. Gak apa apa deh aku ceritakan sedikit tentang sahabat saudara teman kawan yang aku idamkan menjadi generasi terbaik sepanjang hidupku….*Wuihhhhh, fanatik mode on*

Gini ceritanya. Moga aja betah menyimak. jadi gini. Ceritanya gini. Begini ceritanya… (Uh..dari tadi gini-gini mulu:D). hihihi. Iya, jadi gini. Aku lulus di sekolah Mapek. Madrasah Aliah Program Khusus Makassar. Di beken kan menjadi Mapek, tambah huruf kapital e, padahal MAPK aja tuh aslinya:D. Tahun 2005 Madrasah ini melahirkan 23 alumni yang resmi dinyatakan lulus UAN *dipaksa lulus, daripada tinggal habisin jatah kantin*. Secara Madrasah ini berkecimpung di bidang ke Agamaan, banyak alumninya yang tembak Timur tengah untuk jadi solusi lanjut perguruan tinggi. Di angkatanku, ada sekitar sepuluhan orang yang niat ke Mesir, tapi berangkat cuman Tujuh orang saja. Saya, Trus Awal muqsith. Ballo. Mu’jizat. Muhammad irsyad. Muhammad Arif. Dan terakhir seorang makhluk halus Mursyidah Mujahid. Mereka ber-enam inilah yang bakal aku ceritain….*lan[J]ut[K]an*

Selama berdirinya dari tahun 1987 sampai 2005, tahun kelulusan kami, selalu saja ada alumni Mapek yang ke Mesir. Nah pas di tahun aku nih, ternyata recor terpecahkan, tujuh orang tersebut adalah angkatan terbanyak yang menginjakkan kaki di bumi kinanah, berhasil mendapatkan award. *dodoll award maksudnya*hihihi…. Wal hasil, kesimpulan akhir, sorotan media tertuju kepada kami kami, petualangan kurcaci dan putri salju di negri Kinanah. hihihih….

Duhh.. kok lari lari sih ceritanya, maaf nih, bukan ini angel ceritanya…. Cut! Cut!

Nah, langsung saja, mereka, para pemuda-pemuda (bentuk jamak) dan pemudi (murfad muannats). yang menjadi harapan Indonesia sepuluh tahun kedepan saat mutan-mutan raksasa datang menyerang dan ingin menghancurkan Negara kedaulatan republik indonesia yang adil dan sentosa:D. Di kabarkan dalam sebuah media yang tak jelas asal muasalnya. Mereka ini akan datang layaknya superhero di film-film hollywood. atau sekurang-kurangnya luffy dan kawan kawan di cerita one piece. hihihi….

Ah, banyak bacot, lni aslinya. Mulai dari si Awal. Nama Asli, Awal Muqsith. Nama beken, Once…hihihi *makin besar nih kepalanya, disejajarkan ma Once* hihihi. Tapi biasa di panggil Ulu, bahasa makassar yang artinya Kepala. *Maksudnya kepalanya besar, upss besar kepalanya, upss maksunya kepala ataasnya* hihihi…. Kalau dilihat dari zaman, yang bisa menggambarkan karakteristiknya, mungkin, adalah abad ke tiga sebelum Masehi. Dia seorang diri, ibaratnya gabungan dari tiga Filosof besar Socrat, Plato dan Aristo *buueh*. Atau mungkin Klau masih kurang, tambah lagi deh, Al kindy, Faraby dan Ibnu Sina. Pokoknya sepadanlah dengan mereka mereka itu. Filosof dari zaman yunani sampe zaman modern di blender jadi satu, sepadan dengan si Awal seorang diri. Secara dia punya otak, cerdasnya bukan main…hihihi (pasti kepalanya semakin besar:D)

Dalam keseharian, dia orangnya santai. Funky. Kadang-kadang tidak bisa ditebak, tapi lebih sering ketahuan kalau nih anak ada maunya… hihihi. Aneh kadang kadang, obsesi Rangga di film AADC cuek mode on. Hobby ngerokok apalagi sambil boker. Tapi jangan salah kaprah coy. Dibalik gaya punk cuek dan jiwa premanismenya tersimpan keROMANTISAN yang sangat mendalam….hihihi. Diceritakan dalam sebuat riwayat shahih, berkali kali Awal nonton filem korea -maksudnya satu filem di putar puluhan kali- berkali kali kali kali kali kali pula airmatanya jatuh becucuran. Kayak air terjun di musim penghujan. Deras dan keruh…. Sampe di riwayat yang lain nih, Melihatnya nangis, kadang lebih sedih daripada menyimak film save the last dance. Bahkan lebih mengharukan daripada film one liter of tears. hihih *yang ini riwayat maudhu alias palsu:d hihih. Kalau aku terka, temanku yang satu ini, sepuluh tahun kedepan, yah, gutu SD lah sekurang-kurangnya. hihihi. * Pissssss Awal*

Ada lagi nih, si Ballo, kadang-kadang papa Ballo, secara dia udah merit. ballo kalau baru lihat, kayak bukan orang, eh salah, maksudku, kalau sepintas lalu, melihatnya, gak kebayang deh kalau tenyata dia itu orang Indonesia. Potongan muka dan garis wajahnya kurang lebih deh campuran para pemain film meteor garden. Toumingse abiss deh pokoknya. Foto bareng Ballo, bisa lah buat ngibulin orang-orang Mesir, yang gak bisa bedain mana Korea mana Indonesia. hihihi….*Tomingse memang*:d

Kelebihannya, lebih dari sisi bijaknya. Mungkin, pengaruh dari jiwa nya yang sudah menyandang status suami. Muantap banget dah kalau cerita soal hikmah kehidupan dengannya. Kalau Rasulullah adalah Al-quran berjalan, nah, Ballo adalah Buku Rasailinnur karya Said Nursi yang berjalan. *Rasain lo, kali” hihihi….So sweat, kebahagiaan hidup. Hakekat kehidupan, mendalam banget deh kalau dia yang nyampaikan, padahal situasinya santai sambil main winning 2007. Terpukau bin terkesima. Sampai lupa kalau ke golan sakin nikmatnya siraman rohani si papa Ballo. Dan masih banyak lagi yang lain…. *mungkin dilain kesempatan hayy*. Mmm cocoklah nanti jadi pengusaha dan pengasuh pesantren.hihihi….

Dan berikutnya si Jaiz. Nama Aslinya Mukjizat. Nama gaul, Nyong…. Karena suaranya yang merdu, kayak Fadli padi. dia di daulat menjadi imam kalau kami lagi jamaah. pokoknya ada si Jaiz yang lain tau diri deh. ini nih Musyari rasyid angkatanku. imam se Kendari jauh deh dibawa rata-rata dari Jaiz. Jiwa seni yang dia miliki adalah nilai plusnya. Kalau di ibaratkan dialah si Mahar di Laskar pelangi….*dan aku si Harun. Puas!” Segala macam alat musik bisa dia mainkan. Mahir sih ngak, tapi lumayanlah kalau sekedar hiburan. itung2 bayangin duduk di pantai losari kalau jaiz lagi main gitar *jaiz jadi pengamennya*. hihihi… *Kaburrr*

Diterawan dari bola ramal penyihir manapun, dengan berat hati deh jeh aku katakan kepadamu, Maaf, kamu pede, tidak sama dengan peserta yang lainnya, tapi sayang, jalan hidupmu bukan di dunia musik, jalan hidupmu jadi imam mesji raya kendari….hihihi. *Adapun acara selanjutnya, khutbah jumat yang insyaAllah akan disampaikan oleh K.H Mu’jizat Abdurrazak, Lc. MA. Waktu dan tempat disilahkan*. hihihi…

Kemudian si Icca, Muhammad Irsyad bin Ahmad. Nama beken, Jambul. Kelebihannya, Jago masak, rajin masak. Yang unik darinya, Rona mukanya yang selalu memancarkan cahaya *bulan purnama mode on*. gak bosan bosan deh memandangnya. Ciee… Ada utang, trus lihat mukanya si icca serasa ilang deh. Serius. Alim ulama. Salutku ma Icca, dia itu mulai dari mapek sampai sekarang gak pernah berubah. Masih kayak dulu, dua mata dua telinga dua lubang hidung…. hihihi. Gini nih, ah dodoll lu, Icca itu dari dulu gak berubah, tetap rajin ke mesjid, ngaji, shalat duha, shalat tahajjud dan sering ngingatin aku kalau lagi lalai. eh, iya Mentri Agama cocoklah buat dia. cie ciee…. mentri coyy…hihihi

Lalu si Arif, yang ini nih yang juga pionir letting ku. Ahmad Arif Makka namanya. Zub-zub kunyahnya. Dia adalah Organisator ulung, cepat, tangkap, loyal, baik hati, sayang papa sama mamanya hihihi. Jiwa pemimpin deh pokonya. Mungkin karena keturunan kali yah, secara si bapaknya Arif, adalah seorang Hakim. Satu yang bisa di ambil dari arif dia tidak gampang menyerah. semangatnya aku salut. Masih aku ingat dia masuk di mapek hanya bermodalkan bacaan Al Quran anak es em pe. Bedalah dengan yang alumni pesantren. Tapi, bukti sejarah, sekarang jadi ketua Baiquni di Mesir. Cie ciee….*Arif gak apa apa traktirannya di KFC:D*

Ngambil jurusan hukum cocoknya sih jadi Hakim. Tapi jadi kepala desa juga gak apa apa deh Bro. Yang penting, KFC jangan lupa aku dipanggil. *ngarep mode on* hihihi…

Huhh panjang juga yah ceritain mereka mereka ini. jenuh nih pastinya. nih yang terakhir….

Sicantik, siputri salju. Mursyidah mujahid. toeng toeng.. hihihih.. *Putri salju dari bagdad:D* akrab dipanggil chida or cendot saudaranya cundo or cendoll. *Awas ada yang marah doll* hihihi. Si cantik diantara teman teman yang ke Mesir, ya iyalah, emang dia satu satunya kontingen putri dari mapek:P Tapi jangan di remehkan coy, Alhamdulillah sekarang sudah tingkat tiga, setahun lagi sudah menaklukkan Azhar, udah Lc…. dari apa yang aku ingat tentang dirinya. ada satu hal super buatku. Perhatiannya dan kasih sayangnya. hihihihi…. Pokoknya, selamat deh buat Awal, barang antik ini di jaga bae- bae….*emang adapa Awal ma chida?* hihihi…

tittt titt tittt… ceritanya buntu. Sudah Azan subuh. Cairo masih panas. lapar.:D

Itulah tentang mereka. Teman, sahabat, kawan yang aku bangga menjadi bagian dari mereka. Gak cukup cukup gak cukup, di cukup cukupin kertas tuk sekedar bercerita tentang mereka. Tentangku, kayaknya harus ada edisi khusus deh *pe-de mode on*. Tapi Ala kulli hall, Terima kasih Awal, ballo, jaiz, icca, arif, cida kalian semua adalah mutiara berharga di relung hatiku.*Suit suit* Itung itung kelak kalau dah jadi manusia. dah mapan, kaya raya, jangan lupa, bagi bagi tipnya. Utang utangku di lupain aja…hihihi. Kalau ada tutur kata yang kurang berkenang, datang aja kerumah bawa parang, aku siapin semangkahnya, kita makan bareng-bareng.😀 *piss*

Wa akhiran, kompak selalu. Sukses semua. Selalu ada cinta disetiap lapisan tanggo. *lho?? Kok??

One thought on “Ceritanya doDoL (part1)

  1. hehehe… seru, jd nda sabaran pengen gabung dsana sappo..
    Good luckki smua. jgn lupa sering berbagi crita lg yah!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s